Categories : Atap baja ringan

 

Harga rangka atap baja ringan bisa relatif lebih murah dari bahan kayu yang seringkali digunakan. Namun persoalan biaya yang lebih besar akan sebanding dengan mutu yang ditawarkan oleh atap baja ringan. Jika dihitung-hitung pun sebenarnya tidak akan rugi dan bahkan akan meraup banyak manfaat dari konstruksi atap yang menggunakan bahan baja ringan. Tapi berapa sih sebenarnya biaya yang dibutuhkan untuk memasang atap baja ringan? Kita lihat saja patokannya dari biaya pembelian untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Dengan kisaran harga mulai dari 120 ribu hingga 300 ribu Rupiah, kita bisa mendapatkannya untuk harga pemasangan dalam satuan per meter persegi. Namun harga yang dipasang pun bervariasi karena bergantung pada merek, jenis baja ringan, ketebalan nya serta proses perancangan dan perakitannya.

Contoh Hitungan Biaya

Misalnya harga yang ditawarkan untuk per meter persegi sebesar 200 ribu rupiah, sedangkan yang dibutuhkan adalah ukuran sebesar 150 meter persegi, maka tinggal dikalikan saja. Hasilnya sebesar 30 juta Rupiah yang didapatkan dari 200.000 x 150 m2. Perlu diingat kalau rumusan tersebut adalah hitungan kasarnya saja. Belum termasuk dengan biaya operasional dan detil terkait. Setidaknya, mekanisme penghitungan rencana pengadaan atap baja ringan bisa kita lakukan dengan beberapa tahapan;

Pertama-tama, kumpulkan data yang menyangkut rancangan atap tersebut. Sebuah sketsa kasar akan sangat membantu proses perencanaan termasuk penghitungan kisaran biaya. Lalu, kita menghitung ukuran atap dengan luas yang menggunakan skala meter persegi. Berikutnya, carilah informasi mengenai harga per satuan meter persegi. Selain itu, carilah informasi mengenai biaya pengerjaan atap, termasuk proses finishing pada setiap detil. Selanjutnya, kalikan biaya per meter persegi dengan luas rancangan atap. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa persiapan biaya seperti keamanan dan cadangan material. Nah, rumusannya bisa dijabarkan sebagai berikut:

Ongkos untuk Harga Rangka Atap Baja Ringan dengan paket atap nya = (Luas Atap satuan meter persegi  x Ongkos Baja Ringan per  meter persegi ) + (Luas Atap dalam meter persegi x Ongkos Penutup Atap per meter persegi).

Strategi Berhemat

Tidak ada cara lain kecuali dengan menekan biaya serendah mungkin demi mengurangi beban pembuatan. Nah, sebelum melakukan perhitungan di atas, usahakan untuk menggali lebih banyak informasi terkait dengan harga yang ditawarkan oleh masing-masing supplier. Harga yang murah belum tentu termasuk dengan proses pengerjaannya. Penghitungan dalam detil akan sangat membantu proses penghematan sekaligus mengantisipasi beban biaya yang membengkak. Tidak ada salahnya untuk bertanya pada beberapa supplier dan para pengembang supaya tidak terjebak dalam pilihan yang semakin menyulitkan. Penghitungan biaya yang tepat juga sangat bermanfaat demi kualitas bangunan dan menanggulangi beberapa risiko kerusakan dari kesalahan ukuran dan pemasangan. Nah, itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang penghitungan harga rangka atap baja ringan.

Share dan like artikelnya dapat kan promo menarik dengan hastag #petratruss

Facebook Comments