Categories : Plafon rumah

 

Sebuah bangunan entah itu rumah, kantor, atau yang lain, rasanya tak lengkap tanpa hadirnya plafon. Selain berfungsi sebagai penahan panas atau debu/kotoran dari atap, plafon juga berfungsi memberikan tampilan seni yang indah dengan warna dan motif yang menarik.

Kehadiran plafon atau langit-langit seolah menjadi keharusan bagi sebuah bangunan. Plafon merupakan bagian permukaan interior bangunan yang posisi berada di bagian atas ruangan. Ibaratnya plafon seperti lantai untuk permukaan atas bangunan.

Model bangunan minimalis saat ini tengah menjadi tren masyarakat yang umumnya tinggal di daerah perkotaan. Tak hanya dari desain eksteriornya saja yang minimalis, bagian interiornya pun demikian, termasuk bagian langit-langitnya yang didesain menggunakan tampilan plafon minimalis.

Plafon minimalis sudah begitu jamak digunakan untuk bangunan dengan model minimalis seperti rumah minimalis. Untuk bangunan minimalis sendiri plafon mempunyai beberapa jenis berikut ulasannya.

Jenis Plafon Rumah

  • Pertama, plafon dari bahan triplek. Plafon jenis ini cukup terjangkau harganya. Plafon ini cukup sering digunakan. Rangka untuk pemasangan plafon jenis ini cukup sederhana yaitu kayu jenis kaso berukuran sedang. Sayangnya plafon jenis ini tidak tahan lama apalagi untuk jenis rumah minimalis.
  • Kedua, plafon gypsum. Plafon ini terbuat dari bahan gypsum. Tren penggunaan plafon jenis gypsum ini sudah begitu menggejala sejak tahun 2000an. Saat ini banyak bangunan baik kantor maupun perumahan  dengan gaya minimalis yang menggunakan bahan gypsum sebagai plafonnya.

Selain kedua model plafon di atas, ada juga jenis lain yaitu plafon lambersiring, Plafon ini berbentuk kayu. Plafon ini biasanya digunakan untuk rumah dengan konsep etnik dan klasik. Tentu harga untuk plafon ini lebih mahal dari plafon gypsum dan plafon triplek.

Jenis lain adalag plafon metal dan plafon GRC (glassfiber reinforced cement board). Plafon metal terbuat dari metal yang tahan terhadap berbagai hewan dan cuaca. Begitupun dengan plafon GRC yang juga tahan lama.

Plafon Hunian Minimalis

Model bangunan terutama rumah minimalis saat ini banyak yang menggunakan plafon berbahan gypsum. Rangka yang umum digunakan untuk plafon ini sendiri adalah metal furing dan hollow. Plafon ini cukup awet dan tahan lama. Sangat cocok untuk bangunan dengan gaya minimalis.

Interior rumah minimalis tak hanya terlihat kokoh dengan plafon minimalis gypsum namun juga rapi. Kehadiran plafon gypsum akan semakin mempertegas keindahan interior bangunan. Plafon ini tidak akan menyiratkan sambungan, beda dengan plafon triplek maupun plafon kayu yang akan terlihat sambungannya di beberapa bagian permukaannya.

Plafon minimalis gypsum juga bisa dibentuk dengan berbagai model misalnya bentuk rata, dome (bulat), kubah atau bentuk lain. Bahannya mudah dibentuk sesuai selera pemilik dan penghuni bangunan. Inilah plafon rumah yang sangat cocok dan stylish.

Plafon minimalis berbahan gypsum sangat sesuai dengan bangunan minimalis terutama rumah minimalis yang semakin digemari masyarakat. Rumah minimalis tidak hanya menghadirkan suasana hidup dinamis penghuninya namun juga menyiratkan kesan lebih hidup, efisien dan berkualitas pada bangunannya.

Share dan like artikelnya dapat kan promo menarik dengan hastag #petratruss

Facebook Comments