Categories : Atap baja ringan

 

Rangka atap baja ringan merupakan salah satu kebutuhan bangunan yang sekarang ini makin populer karena punya banyak manfaat. Pemakaian material baja dari bahan zincalume atau galvanish sebagai rangka atau struktur atap juga lebih direkomendasikan karena sangat kuat dan mampu bertahan lama. Dengan pengembangan dan inovasi teknologi yang diterapkan, maka bahan baja tersebut pun lebih ringan sehingga tidak memberatkan proses perancangan dan perakitan konstruksi bangunan. Membangun sebuah bangunan tanpa ditunjang oleh struktur berkualitas akan sangat berbahaya, terutama jika bangunan tersebut difungsikan bagi tujuan tempat tinggal dan komersil. Barangkali Anda masih belum tahu tentang beberapa manfaat dari model atap baju ini. Nah, berikut akan kita ulas sedikit beberapa hal di antaranya.

Manfaat Struktur Baja Ringan

Struktur rangka atap baja ringan memiliki banyak keunggulan seperti mampu bertahan dalam segala kondisi cuaca dan suhu. Hal ini sudah terbukti pada berbagai bangunan yang menggunakan baja ringan. Penggunaan baja ringan sebagai atap juga tidak butuh waktu yang terlalu lama. Banyak yang menganggap kalau proses pengerjaannya akan menyita waktu selama berhari-hari. Padahal, proses perakitannya bisa disempurnakan terlebih dahulu hingga memenuhi wujudnya sebagai rangka atap, dan kemudian langsung dipasang ketika sampai di lokasi bangunan. Dibandingkan dengan strukur atap dari kayu, tingkat keamanannya jauh lebih terjamin, terutama dari serangan rayap yang melapukkan kayu. Meskipun dibuat dari material kuat, model baja ini lebih ringan dan tidak akan membebani pondasi atau struktur bangunan. Boleh dicek sendiri volume dari baja ringan sebagai struktur atap. Jenis baja yang dipakai merupakan yang terbaik karena diambil dari Cold Rolled Coil (CRC). Material ini sangat tahan banting dan diandalkan oleh banyak bangunan modern. Pemasangan struktur rangka atap baja ringan untuk atap juga lebih efisien karena tak butuh proses finishing yang seringkali diterapkan pada kayu. Artinya, kita tak perlu melapisinya lagi dengan minyak atau cat. Semuanya tinggal pasang dan beres.

Rancangan dan Realisasi

Proses perancangannya memang cenderung lebih lama karena harus diukur secara cermat. Tahapannya mulai dari pengukuran struktur dan penentuan skala yang tepat. Salah sedikit dalam pengukuran berpotensi menghambat proyek. Oleh karena itu, sebelum perancangan, perlu dilakukan beberapa kali riset untuk menentukan ukuran yang tepat, serta kelayakan struktur yang mampu diandalkan. Untuk mendapatkan material seperti Baja Ringan juga harus memesannya langsung di pihak penyedia. Karena material ini pada umumnya belum banyak dijumpai di toko-toko bahan bangunan. Proses penghitungan biaya pembuatan pun harus lebih disiapkan karena tipe material ini agak lebih mahal dari struktur atap lainnya. Hal itu bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan pihak kontraktor supaya mendapatkan kejelasan dan lebih mudah dalam merancang serta merealisasikan rangka atap baja ringan.

Share dan like artikelnya dapat kan promo menarik dengan hastag #petratruss

Facebook Comments