Categories : Bengkel las

 

Sebagian keluarga menganggap pentingnya teralis rumah sebagai ‘benteng’ keamanan terakhir setelah pagar. Rumah yang berteralis juga mencegah ‘tamu tak diundang’ seperti kucing untuk masuk ke dalam, meskipun tidak menjadi jaminan karena ruang kosong teralis masih bisa dilalui oleh hewan manja tersebut. Namun di beberapa rumah minimalis, keberadaan teralis rumah memang tidak menjadi hal yang penting karena tingkat keamanan lingkungan tersebut yang sudah terjamin.

Teralis rumah memiliki beragam motif dengan nilai seni tersendiri. Meski fungsinya adalah sebagai pengaman, namun tidak dipungkiri bahwa teralis juga bisa berperan sebagai aksesoris rumah. Bisa dilihat pada beberapa rumah kelas premium, teralis pintu maupun jendelanya didesain dengan lekukan yang indah dan sedap dipandang, bukan sekedar sekumpulan jeruji yang menghalangi orang untuk bisa masuk tanpa izin. Sebagaimana baju batik, teralis juga memiliki ‘motif’ yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan variasi bentuk yang saat ini ada di pasaran membuat seseorang bisa berkreasi menciptakan estetika tersendiri dalam rumahnya.

Dewasa ini, teralis rumah yang paling banyak digunakan berkonsep minimalis karena bentuknya yang sederhana dan disukai banyak orang. Tidak heran bagi perajin teralis, permintaan untuk membuat deesain minimalis lebih tinggi dibandingkan model lainnya. Apalagi rumah dengan konsep minimalis juga saat ini sedang menjadi tren di perkotaan, meninggalkan konsep modern yang hanya diaplikasikan dalam beberapa kompleks perumahan premium.

Desain teralis rumah minimalis juga mudah dibuat dan ditiru sehingga banyak rumah-rumah yang memiliki teralis yang mirip dengan rumah lainnya. Gaya desainnya biasanya kotak-kotak lurus yang dipakai untuk jendela yang kurus panjang ke atas. Besinya pun standart saja, yaitu besi hitam dengan diameter kecil. Untuk yang membeli rumah dari pengembang, biasanya jendela yang ada masih polos sehingga teralis harus disediakan sendiri. Untuk itu disarankan agar calon penghuni rumah melihat sendiri jendela dan pintu yang akan dipasang teralis dan mulai mengukur bagaimana konsep teralis yang cocok.

Harga teralis rumah, baik untuk jendela maupun pintu memang bervariasi, mulai dari Rp.200.000 hingga Rp.400.000 per meter. Disarankan agar teralis dipasang di jendela atau pintu yang langsung memberikan akses ke luar jika anggaran Anda terbatas. Misalnya jika jendela menghadap ke kolam ikan yang ada di halaman belakang, di mana halaman tersebut juga dikelilingi tembok yang tinggi, memasang teralis di sana hanya menjadi pemborosan belaka. Apalagi kalau halaman tersebut steril dari hewan-hewan rumahan seperti kucing. Namun jika rumah menghadap ke jalan raya, akses pagar yang tidak terlalu menghambat untuk masuk ke halaman depan, maka memasang teralis di pintu dan di jendela jelas sangat mendesak. Apalagi kalau sistem keamanan di lingkungan tempat Anda tinggal belum optimal, CCTV masih jarang dan tenaga sekuriti juga masih minim. Otomatis setiap keluarga wajib melindungi propertinya masing-masing.

Untuk membuat teralis rumah yang murah dan berkualitas, cobalah datang ke beberapa bengkel dan lakukan perbandingan harga. Terkadang satu perajin bisa lebih murah beberapa ribu rupiah dibanding yang lain. Jika Anda ingin membuat teralis lebih dari 10 meter, tentu saja perbedaan harga sekecil apapun sangat berpengaruh terhadap efisiensi dana yang dianggarkan. Jangan membeli teralis hanya karena murahnya saja, namun perhatikan juga dengan kualitas bahannya. Beberapa teralis bisa ‘dipatahkan’ dengan alat khusus sehingga pelaku kriminal pun tidak merasa kesulitan membobol sebuah rumah. Tanyakan kualitas besinya dan jika dibutuhkan, Anda harus mencoba sendiri untuk mematahkan dengan alat tertentu. Kalau ternyata besi tersebut masih kuat, maka bisa dijadikan pilihan untuk membuat teralis jendela dan pintu rumah Anda.

Share dan like artikelnya dapat kan promo menarik dengan hastag #petratruss

Facebook Comments